Skip to main content

Featured

Drone AS Melempem di Ukraina, Buatan China Lebih Andal

Perang drone Ukraina lawan Rusia memaksa kedua belah pihak untuk berinovasi dengan cepat. Namun ternyata, drone buatan Amerika Serikat tidak unggul di medan perang sehingga mendorong Ukraina beralih ke drone buatan China. Permasalahan yang terdapat pada banyak drone buatan AS, khususnya drone kecil, adalah bahwa drone tersebut sering tak berfungsi seperti yang diiklankan atau direncanakan. Selain itu menurut sumber, mudah mengalami kesalahan ketika diincar jammer Rusia. Drone AS rupanya rapuh dan rentan terhadap peperangan elektronik. Di sebagian drone AS yang dikirim ke Ukraina, masalahnya termasuk tidak bisa lepas landas, tersesat, tidak kembali atau gagal memenuhi harapan misi. Persoalannya adalah teknologi AS tidak berkembang cukup cepat. Georgii Dubynskyi, wakil menteri transformasi digital Ukraina, mengibaratkan bahwa "apa yang bisa terbang hari ini tidak akan bisa terbang besok." "Reputasi umum setiap kelas drone Amerika di Ukraina adalah mereka tidak bekerja seb...

Terungkap, Bomber Siluman Nuklir Amerika Mendarat Darurat lalu Terbakar

 

Sebuah pesawat pengebom (bomber) siluman berkemampuan nuklir B-2 Spirit Angkatan Udara Amerika Serikat (USAF) mendarat darurat dan kemudian terbakar. 


Insiden ini terjadi di Pangkalan Angkatan Udara (AFB) Whiteman di Missouri pada Sabtu (10/12/2022) pekan lalu, namun baru dikonfirmasi USAF sehari kemudian. 


Pangkalan Whiteman berfungsi sebagai pangkalan utama armada yang hanya terdiri dari 20 unit B-2 Spirit yang saat ini beroperasi.


Kebakaran terjadi sesaat setelah pendaratan darurat. Namun, kerusakan yang dialami pesawat tersebut masih belum jelas. Penyebab kecelakaan belum diketahui.


Seorang juru bicara Pangkalan Whiteman mengonfirmasi bahwa pemadam kebakaran memadamkan kobaran api pada bomber siluman tersebut. "B-2 Spirit Angkatan Udara AS mengalami kerusakan dalam penerbangan selama operasi rutin hari ini dan rusak di landasan pacu di Pangkalan Angkatan Udara Whiteman setelah menyelesaikan pendaratan darurat," kata Kantor Urusan Publik Sayap Bom ke-509, seperti dikutip EurAsian Times, Senin (12/12/2022). 


Pangkalan Whiteman Airbase belum lama ini merilis video yang menampilkan kesiapan armada bomber B-2 Spririt. Beberapa minggu yang lalu, USAF juga menerbitkan foto formasi "jalan gajah" yang belum pernah terjadi sebelumnya dari delapan B-2 Spririt yang meluncur di landasan pacu. 


Insiden terbaru ini mirip dengan pendaratan darurat B-2 yang terjadi di pangkalan yang sama pada September 2021. B-2 yang terlibat dalam insiden itu sayap kirinya jatuh ke tanah setelah tergelincir dari landasan saat melakukan pendaratan darurat. Setelah insiden tahun lalu, armada B-2 dikandangkan selama satu tahun di Pangkalan Whiteman, ditambal dan diterbangkan ke Plant 42 di Palmdale, California, untuk perbaikan yang signifikan. 


Menurut laporan investigasi, kecelakaan tahun 2021 itu disebabkan oleh "kerusakan gigi awal" yang disebabkan oleh pegas tua. Sayap Bom ke-509 dan ke-131 mengoperasikan B-2 Spirit di Pangkalan Whiteman, Missouri, 45 mil sebelah timur Kansas City. USAF saat ini memiliki 20 unit B-2 setelah kehilangan satu dalam kecelakaan di Pangkalan Angkatan Udara Andersen di Guam pada tahun 2008. 


Dengan armada sekecil itu dan hanya sedikit lebih dari setengahnya yang beroperasi penuh pada waktu tertentu, kerusakan parah pada B-2 merupakan kejutan yang signifikan bagi layanan tersebut. USAF sebelumnya telah melangkah lebih jauh untuk memulihkan bomber mahal itu ketika rusak parah. 


B-2 Spirit adalah bomber multi-peran yang membawa senjata konvensional dan nuklir. Pesawat ini merupakan lompatan teknologi yang signifikan dalam program modernisasi pesawat pengebom Amerika Serikat. B-2 dapat memberikan daya tembak besar dalam waktu singkat di manapun di dunia. 


B-2 menawarkan fleksibilitas dan efektivitas penetrasi dalam bomber berawak. Ia memiliki kapasitas luar biasa untuk menembus pertahanan musuh yang paling canggih dan mengancam targetnya yang paling berharga dan terlindungi dengan baik berkat fitur-fiturnya yang kecil kemungkinan terdeteksi atau dikenal dengan sebutan "siluman”. Pesawat ini juga menawarkan pencegahan dan kekuatan tempur yang kuat dan efektif. 


Pada tanggal 22 November 1988, B-2 pertama dikeluarkan dari hanggarnya di Air Force Plant 42 di Palmdale, California, dan dipajang di depan umum. Pesawat melakukan penerbangan pertamanya pada 17 Juli 1989. Bomber siluman telah memainkan peran penting dalam mewakili kekuatan udara Amerika Serikat dan sering dikerahkan ke negara-negara sahabat lainnya. 


Sebelumnya, AS telah mengirimkan empat pesawat pengebom B-2 dari Sayap Bom ke-509 Pangkalan Angkatan Udara Whiteman di Missouri ke Australia untuk mendukung Satuan Tugas Pengebom Angkatan Udara Pasifik.


Gelombang kedua B-2 mendarat di Amberly pada 12 Juli, setelah dua pesawat B-2 pertama mendarat di sana pada 10 Juli. Perlu dicatat bahwa B-2 telah ditempatkan di pangkalan Pasifik untuk menghadapi kemungkinan ancaman Korea Utara dan menghalau kebangkitan China. 


Selain pesawat pengeom B-2, juga telah dilaporkan bahwa AS bermaksud untuk menempatkan enam bomber B-52 berkemampuan nuklir di Australia utara. USAF percaya bahwa kemampuan bomber B-52 untuk membawa senjata nuklir serangan jarak jauh dan senjata konvensional akan menunjukkan proyeksi kekuatan mematikan Amerika kepada musuh. 


Menanggapi pengerahan ini, China telah mendesak AS dan sekutunya untuk melepaskan “mentalitas zero-sum Perang Dingin dan pola pikir sempit geopolitik” mereka dan berbuat lebih banyak untuk mempromosikan perdamaian, stabilitas, dan rasa saling percaya di kawasan di antara semua pihak. 


Analis China mengatakan bahwa tujuan Amerika mengirim bomber B-2 dan B-52 ke Australia adalah untuk membangun benteng bomber baru. Jika perlu, jet AS dapat berangkat dari Australia, bergabung dengan bomber di Guam, dan kemudian memasuki Asia Timur dari berbagai arah, mendapatkan fleksibilitas ekstra.


Sumber:


Sindonews

Comments