Skip to main content

Featured

Drone AS Melempem di Ukraina, Buatan China Lebih Andal

Perang drone Ukraina lawan Rusia memaksa kedua belah pihak untuk berinovasi dengan cepat. Namun ternyata, drone buatan Amerika Serikat tidak unggul di medan perang sehingga mendorong Ukraina beralih ke drone buatan China. Permasalahan yang terdapat pada banyak drone buatan AS, khususnya drone kecil, adalah bahwa drone tersebut sering tak berfungsi seperti yang diiklankan atau direncanakan. Selain itu menurut sumber, mudah mengalami kesalahan ketika diincar jammer Rusia. Drone AS rupanya rapuh dan rentan terhadap peperangan elektronik. Di sebagian drone AS yang dikirim ke Ukraina, masalahnya termasuk tidak bisa lepas landas, tersesat, tidak kembali atau gagal memenuhi harapan misi. Persoalannya adalah teknologi AS tidak berkembang cukup cepat. Georgii Dubynskyi, wakil menteri transformasi digital Ukraina, mengibaratkan bahwa "apa yang bisa terbang hari ini tidak akan bisa terbang besok." "Reputasi umum setiap kelas drone Amerika di Ukraina adalah mereka tidak bekerja seb

Sebuah Kendaraan Komando Artileri type 1B1003 Terlihat di Zona SMO



Sebuah kendaraan komando dan observasi 1B1003 dari komplek pengontrol tembakan artileri otomatis terpadu 1B198 (1B198 automated fire control complex for artillery units) dengan chassis IFV BTR-80 mulai terlihat di zona SMO.

Sebelumnya pada tanggal 20 September 2022, unit komando dan kontrol yang sama telah "dibegal" oleh Angkatan Bersenjata Ukraina (AFU) di Kharkov Oblast pada saat serangan balik musim semi (Spring Offensive 2022) yang dilakukan oleh Ukraina.

Diketahui unit ini adalah unit yang paling spesial dalam kampanye Russo-Ukraina. Pasalnya unit ini terlihat terbatas sekali dioperasikan dalam SMO, selain juga protokol mobilisasinya yang dibuat rahasia oleh Rusia sehingga penampakannya jarang sekali terlihat di media.

Rostec mengirimkan kendaraan ini pada tahun 2021, bersamaan dengan kendaraan observasi 1B1003 dan kendaraan komando dan staf 1B1004. 1B198 dan 1B1003 menggunakan platform IFV BTR-80 sebagai chassisnya, sedangkan 1B1004 menggunakan platform truk Ural sebagai chassisnya.

Diketahui 1B198 dan 1B1003 digunakan untuk mengomando sekaligus memberi aba-aba untuk sistem MLRS Tornado-G dengan diinstalnya sistem kontrol artileri terpadu GOZ-2021.

Sistem ini diketahui selain dapat memberi komando serangan artileri terpadu, juga mampu melakukan manuver anti-serangan artileri, mengidentifikasi dan menembak sekitar dua atau lebih posisi serangan dengan akurasi lebih dari 10 meter dalam waktu yang sangat sedikit.

Gallery:








Comments