Skip to main content

Featured

Drone AS Melempem di Ukraina, Buatan China Lebih Andal

Perang drone Ukraina lawan Rusia memaksa kedua belah pihak untuk berinovasi dengan cepat. Namun ternyata, drone buatan Amerika Serikat tidak unggul di medan perang sehingga mendorong Ukraina beralih ke drone buatan China. Permasalahan yang terdapat pada banyak drone buatan AS, khususnya drone kecil, adalah bahwa drone tersebut sering tak berfungsi seperti yang diiklankan atau direncanakan. Selain itu menurut sumber, mudah mengalami kesalahan ketika diincar jammer Rusia. Drone AS rupanya rapuh dan rentan terhadap peperangan elektronik. Di sebagian drone AS yang dikirim ke Ukraina, masalahnya termasuk tidak bisa lepas landas, tersesat, tidak kembali atau gagal memenuhi harapan misi. Persoalannya adalah teknologi AS tidak berkembang cukup cepat. Georgii Dubynskyi, wakil menteri transformasi digital Ukraina, mengibaratkan bahwa "apa yang bisa terbang hari ini tidak akan bisa terbang besok." "Reputasi umum setiap kelas drone Amerika di Ukraina adalah mereka tidak bekerja seb

Elins ZAK-23E, Konsep SPAAG BTR-82A dengan Senjata Anti Pesawat 2A7M 23-mm

Sebuah APC tipe BTR-82A terlihat telah dipasangi modul senjata anti pesawat kaliber 23-mm tipe 2A7M pada event Forum Insinyur Masa Depan yang diadakan di daerah distrik Tula.

Modul tempurnya sendiri, atau turretnya, nantinya akan dipersenjatai dengan perangkat opto-elektronik dan sistem radar untuk mendeteksi target udara di jarak pendek (SHORAD), terkhususnya untuk sasaran berbasis kendaraan nirawak (UAV). Modul dipersenjatai dengan dua senjata anti udara kaliber 23-mm 2A7M yang terinstal di sisi kiri dan kanan modul (konfigurasi yang serupa juga pernah dipasang pada platform ZSU-23-4 Shilka).


  • Update:

Setelah dilakukan penelusuran lebih dalam dari sumber-sumber pro-Barat, diketahui bahwa SPAAG ini bernama ZAK-23E buatan biro desain Elins. SPAAG ini juga sempat dipamerkan dalam pameran alutsista ARMIYA2023 yang akan diselenggarakan dari tanggal 14 Agustus 2023, sampai 20 Agustus 2023.

Kanal Telegram pro-Rusia, Military Info Live juga turut memberitakan informasi mengenai sistem SPAAG ZAK-23E ini.
Gallery:


















Comments