Skip to main content

Featured

Drone AS Melempem di Ukraina, Buatan China Lebih Andal

Perang drone Ukraina lawan Rusia memaksa kedua belah pihak untuk berinovasi dengan cepat. Namun ternyata, drone buatan Amerika Serikat tidak unggul di medan perang sehingga mendorong Ukraina beralih ke drone buatan China. Permasalahan yang terdapat pada banyak drone buatan AS, khususnya drone kecil, adalah bahwa drone tersebut sering tak berfungsi seperti yang diiklankan atau direncanakan. Selain itu menurut sumber, mudah mengalami kesalahan ketika diincar jammer Rusia. Drone AS rupanya rapuh dan rentan terhadap peperangan elektronik. Di sebagian drone AS yang dikirim ke Ukraina, masalahnya termasuk tidak bisa lepas landas, tersesat, tidak kembali atau gagal memenuhi harapan misi. Persoalannya adalah teknologi AS tidak berkembang cukup cepat. Georgii Dubynskyi, wakil menteri transformasi digital Ukraina, mengibaratkan bahwa "apa yang bisa terbang hari ini tidak akan bisa terbang besok." "Reputasi umum setiap kelas drone Amerika di Ukraina adalah mereka tidak bekerja seb

Tu-95, Setia Menggoda Amerika dan Eropa

Tanpa terasa, upaya inkursi Tu-95MS Bear ke wilayah udara Amerika Serikat pada tanggal 3 dan 4 Mei 2017 sudah menandai nyaris lima dekade penggunaan keluarga besar Tu-95 untuk operasi pengintaian strategis. Walaupun sosoknya kelihatan sudah ketinggalan jaman, tidak ada yang meragukan kapabilitas pembom jarak jauh bermesin turboprop satu-satunya di dunia ini.

Proyek Tu-95 sendiri dimulai karena ketidakpuasan para petinggi militer Soviet atas desain pesawat pembom bermesin jet mereka saat itu, Myasischev M-4 Bison yang boros bahan bakar dan jarak terbangnya pendek, tidak bisa mencapai daratan AS apabila harus melakukan serangan nuklir. Biro desain Tupolev pun menawarkan alternatif pengganti dengan basis Tu-4 Bull, yang merupakan kopian dari B-29 Superfortress.

Desain Tu-4 diperbesar, dengan desain sayap yang kini dibuat lebih sayung untuk meningkatkan kecepatan pesawat. Sebagai sumber tenaga, pembom desain Tupolev ini ditenagai justru oleh mesin turboprop Kuznetsov TV-2 yang dikopi dari desain Jerman yaitu mesin Junkers 109-022. Inilah mesin turboprop terkuat yang ada di muka bumi saat ini, dimana tenaganya disalurkan ke dua set propeller yang berputar secara kontra rotasi. Walaupun terlihat seperti langkah mundur dengan kembali ke baling-baling, pilihan pada mesin turboprop sebenarnya masuk di akal dan justru menawarkan kelebihan pada hematnya konsumsi bahan bakar.

Purwarupa pesawat yang kemudian diberi nama Tu-95 dilakukan pada 12 November 1952 dengan mesin TV-2F yang justru bermasalah pada desainnya. Kuznetsov sebagai desainernya bahkan sempat diancam dieksekusi di depan regu tembak karena purwarupa Tu-95 yang mengalami kecelakaan fatal pada 11 Mei 1953. Untungnya Kuznetsov cepat menawarkan penyempurnaan desain dan Stalin mengampuni hidupnya.

Tu-95 kemudian disetujui untuk diproduksi pada tahun 1955 dengan pabrik Kuibyshev ditunjuk untuk memproduksinya. Penampilan perdana di publik terjadi di event pameran dirgantara Tushino – para pengamat Barat dibuat terkaget-kaget karena Uni Soviet berhasil membuat pesawat pembom strategis dengan pilihan mesin turboprop yang tidak biasa.

Tu-95 pun mendapatkan kode Bear alias Beruang, nama yang melekat kepada seluruh varian dan keturunan pembom unik ini. Melihat sebuah Tu-95 yang sedang taxiing dengan ukurannya yang besar dan seluruh mesinnya menyala dengan kebisingan yang luar biasa sudah menakutkan, apalagi jika harus berhadapan dengannya di udara.

Secara desain, Tu-95 menggunakan desain fuselage seperti lisong yang terbuat dari alumunium dan magnesium. Kompartemen yang diberi tekanan hanya bagian depan dan belakang untuk juru tembak. Ruang penyimpanan bom tidak bertekanan dan oleh karena itu membatasi pergerakan awaknya. Versi final Tu-95 ditenagai dengan mesin NK-12, yaitu versi produksi dari TV-2.

Setiap mesin menggerakkan dua set propeller yang masing-masing terdiri dari empat bilah dan dapat digunakan untuk membantu pengereman pada saat Tu-95 mendarat di landasan pendek. Setiap mesin ini memiliki sistem pemadam sendiri dan dinding penahan api, sehingga bila tertembak tidak akan menjalar ke bagian lain.

 

Sebagai pesawat pembom, Tu-95 mampu menjalankan tugas pemboman konvensional ataupun nuklir. Kapasitas gotong bom maksimalnya adalah 20 ton, walaupun normalnya hanya 5 ton saja. Untuk pemboman masif, Tu-95 bisa membawa 45 bom 250kg dalam sekali jalan. Untuk misi pemboman nuklir, ruang bom Tu-95 dilengkapi dengan pendingin udara, serta kokpitnya dilengkapi dengan visor untuk perlindungan dari cahaya ledakan bom nuklir. Pemboman dapat dilakukan dengan bantuan radar Rubidy-MM yang dipasang pada fairing di bawah hidung.

Sistem pertahanan pesawat terdiri dari tiga titik yaitu di ekor serta bagian atas dan bawah fuselage belakang. Tiap titik dilengkapi dengan dua kanon AM-23 kaliber 23mm dengan kapasitas magasen mencapai 2.500 peluru dan diawaki oleh seorang juru tembak. Awak pesawat lainnya adalah pilot, kopilot, dua orang navigator, seorang teknisi, operator radio, dan seorang operator sistem pertahanan pesawat. Tidak tersedia kursi lontar bagi awaknya sehingga bila hendak menyelamatkan diri, semua harus lompat keluar pesawat.

Tu-95M Bear-A yang merupakan generasi pertama dari keluarga Bear dilanjutkan oleh Tu-95K Bear-B yang mampu membawa rudal jelajah Kh-20 (NATO: AS-3 Kangaroo) di perutnya pada 1956. Tu-95K mengalami modifikasi pada bagian bawah hidung untuk membawa radar Yad (NATO: Crown Drum) yang mengarahkan rudal Kh-20. Tu-95K disempurnakan menjadi Tu-95KD dengan kemampuan pengisian bahan bakar di udara karena jarak tempuhnya melorot saat harus membawa Kh-20. Varian definitifnya adalah Tu-95K-22 Bear-G dengan kemampuan gotong rudal supersonik Kh-22 (NATO: AS-4 Kitchen) sebanyak tiga buah pada pylon di perutnya.

Varian selanjutnya yaitu Tu-95KM Bear-C muncul pada 1960an, dengan penambahan blister atau tonjolan kaca di tiap sisi bagian belakang pesawat. Saat misi pengintaian, blister ini akan diisi perangkat pengendus emisi radar atau kamera resolusi tinggi yang dioperasikan oleh seorang awak untuk memotret pesawat tempur NATO yang datang mendekat.

Tu-95 kemudian diberikan peran definitifnya yaitu sebagai pesawat intai maritim untuk AL Soviet yang memberikan panduan koordinat posisi armada lawan saat Tu-95RTs diperkenalkan pada 1963. Sistem yang dipasang pada varian ini adalah Rhomb-4 ESM yang mampu mengendus emisi radar sasaran udara dan permukaan dan mencatatnya untuk dimasukkan dalam database sinyal radar lawan. Tu-95RTs juga dilengkapi dengan sistem datalink pemandu rudal Rubidy-MM di bawah hidung pesawat, dan juga sistem komunikasi relay Arfa di bagian sirip tegak ekor untuk menyambungkan komunikasi antar kapal perang Uni Soviet.

Secara resmi, garis keturunan Tu-95 sebenarnya berakhir di sini, dilanjutkan oleh keluarga Tu-142 yang merupakan Tu-95 yang dimodifikasi habis-habisan untuk misi anti kapal selam terutama pada sistem elektronik seperti radar pencari Berkut. Sayangnya, walaupun di sisi Uni Soviet desainasi sudah berganti, intelijen Barat tetap menganggap dan menggolongkan Tu-142 ke dalam keluarga Bear.

Uniknya, setelah menjalani beberapa kali modifikasi, varian definitif dari Tu-142 yaitu Tu-142MS yang muncul pada 1981 malah diberi desainasi oleh Uni Soviet sebagai Tu-95MS. Intelijen NATO yang tidak mau ambil pusing langsung memberinya kode Bear-H. Varian Tu-95/142 inilah yang saat ini aktif sekali ‘mengetuk pintu’ sistem pertahanan NATO dan Amerika Utara.

Sumber: arcinc.id

Comments